80 Persen Logistik Penyelenggaraan Pemilu Sudah Masuk

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan memastikan kesiapan untuk menyelenggarakan pemilu April 2019 mendatang. Karena sebanyak 80 persen logistik sudah masuk ke seluruh KPU kabupaten/kota, hanya tinggal menunggu surat suara dan formulir.

"Sedangkan untuk pembentukan Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) masih menunggu instruksi. Karena di DIY ini membutuhkan petugas KPPS sebanyak 82.460 orang,” kata Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan.

Petugas KPPS, lanjutnya, nantinya harus bekerja secara independen dan berkomitmen menyukseskan pemungutan suara di lapangan. Termasuk pada bidang anggaran sejauh ini mencukupi.

KPU terus menjalin koordinasi dan pihak terkait dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan pemilu 2019, termasuk dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) di seluruh DIY. Sehingga tentu program pelaksanaan penyelenggaraan pemilu dapat berjalan dengan lancar. “Koordinasi dengan pihak terkait terus dilakukan,” imbuhnya.

Terkait Yogyakarta masuk daerah rawan pemilu, Hamdan menilai hal tersebut sudah dilakukan koordinasi dengan kepolisian. Untuk melakukan pengamanan jalannya pemilu.

Namun demikian KPU juga akan melakukan upaya menciptakan pemilu berjalan lancar. Salah satunya pada jadwal kampanye terbuka yang menghadirkan massa banyak, harus dijadwalkan dengan baik. Artinya jangan sampai nantinya jadwal kampanye ini bersamaan atau lokasinya berdekatan.

“Kampanye dengan massa besar harus dijadwalkan dengan baik. KPU juga meminta komitmen pengurus partai politik hingga simpatisan untuk mendukung pemilu di Yogyakarta dapat berjalan damai dan rukun,” jelasnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI