9.249 Warga Gunungkidul Menganggur

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Gunungkidul mencatat pada 2018 lalu terdapat 9.249 orang masuk dalam kategori pengangguran terbuka. Padahal untuk kuota lowongan pekerjaan di Gunungkidul saat ini terbilang cukup banyak, tetapi kurang diminati pencari kerja.

Berdasarkan survei 2018 lalu, peningkatan jumlah pengangguran mencapai 0,42 persen. Pada 2017 lalu terdapat 7.085 orang masuk dalam tingkat pengangguran terbuka (TPT). “Tahun 2018 ini bertambah menjadi 9.249 orang,” kata Kepala Statistik Sosial BPS Gunungkidul Paulus Hendri Laksono.

Mengacu hasil survei dan berdasarkan aturan yang ada, jumlah peningkatan tersebut tidak begitu signifikan dan masih dalam kategori rendah. Perhitungan yang dilakukan BPS tersebut mengacu pada mereka yang tinggal di Gunungkidul dan tengah mencari kerja, tidak bekerja, atau menunggu jadwal pemberangkatan kerja pada seminggu sebelumnya.

Dari survei tersebut mereka yang masuk dalam kategori pengangguran terbuka berada dalam kisaran usia 15 hingga 25 tahun. Terbanyak dari pengangguran tersebut adalah lulusan SMK yang pada orientasinya untuk bekerja.

Data di lapangan ini yang nantinya akan terus dikaji pemerintah daerah untuk menentukan kebijakan dalam penuntasan permasalahan pengangguran agar tidak semakin meningkat. “Untuk data yang kami miliki ini kita serahkan pemerintah untuk ditindaklanjuti,” imbuhnya.

Adapun kondisi di Kabupaten Gunungkidul, sektor lain yang mengalami peningkatan yakni pada sektor konstruksi, untuk perdagangan pun dalam kategori standar. Sehingga juga berpengaruh pada tingkat pengangguran. Sementara untuk sektor pertanian peminatnya banyak dan tinggi namun untuk pertumbuhannya masih kecil. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI