96 Pedagang Pasar Argosari Jalani Rapid Test, 5 Orang Dinyatakan Reaktif

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul terus melakukan traking penyebaran Covid-19 terhadap warga yang memiliki riwayat kontak dengan 7 pasien positif klaster pedagang ikan (Karangmojo), Rabu (10/06/2020) sore. Rapid Diagnostic Test (RDT) masal dilakukan terhadap 96 pedagang di Pasar Argosari Wonosari dan hasilnya sebanyak 5 orang dinyatakan reaktif.

“Lima orang tersebut setelah dilakukan swab langsung dan dikarantina di Wisma Wanagama,” kata Kadinas Kesehatan Gunungkidul, dr Dewi Irawati MKes di Wonosari, Rabu (10/06/2020).

Menurut Dewi traking akan terus kita lakukan terhadap warga yang memiliki riwayat kontak dengan pasien positi. Menurutnya, Klaster Pedagang Ikan harus diwaspadai karena bisa memicu penularan yang lebih luas, termasuk penularan yang terjadi di Pasar Argosari.

Sementara itu data kumukatif jumlah positif Covid-19 di Gunungkidul saat ini mencapai 44 kasus. Banyak dari mereka merupakan OTG yang tidak sadar mereka mengalami sakit.

Untuk jumlah OTG reaktif ada 428 orang, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 153 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 1.280 orang dengan jumlah pasien positif 44 orang, sembuh 36 orang, dirawat 7 orang dan meninggal 1 oeang. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI