ACT Droping Air Bersih Untuk Wilayah Kekeringan Gunungkidul

Editor: Agus Sigit

Kapanewon atau Kecamatan Gedangsari merupakan satu dari 18 Kecamatan yang terletak di Wilayah Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Setiap memasuki musim kemarau, Gedangsari yang sebagian besar topografi wilayahnya adalah dataran tinggi berbukit ini sebagian besar selalu mengandalkan bantuan air bersih ketika musim kemarau.

Kapanewon Gedangsari merupakan salah satu kecamatan termiskin di Gunungkidul, dengan mayoritas mata pencaharian masyarakatnya sebagai petani yang hanya mengandalkan tadah hujan, parahnya ketika memasuki kemarau tahun lalu 890 Hektar lahan pertanian disini mengalami Puso (Gagal Panen). Sebagian besar petani harus rela menjadi buruh harian ketika musim kemarau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kekeringan di Gedangsaripun berdampak pada tumbuh kembang anak di Gedangsari, kekurangan air bersih menjadi penyebab Balita di Gedangsari mengalami stunting.

Topografi Gedangsari yang ekstrim berupa perbukitan, ternyata juga berdampak pada biaya bantuan droping air bersih di beberapa titik disini juga menjadi cukup mahal, bahkan untuk sekali droping 1 tangki air bianya bisa mencapai 350.000 rupiah untuk truk tangki 5.000 liter.

ACT

BERITA REKOMENDASI