Antisipasi Serangan Hama, Petani Bakal Dibagikan Pestisida

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Mengantisipasi serangan hama tanaman berupa uret dan ulat grayak pada tanaman padi, pemerintah telah menyiapkan sejumlah pestisida untuk para petani. Hal ini perlu diantisipasi sejak dini agar nantinya hasil panen para petani bisa lebih maksimal. Sampai saat ini, tanaman padi pada umumnya masih dalam fase vegetatif dan belum menerima laporan adanya serangan hama.

“Hama uret biasanya terjadi di sejumlah wilayah tetapi hingga kini belum ada laporan serangan,” kata Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Raharjo Yuwono.

Meskipun dari hasil pemantauan lapangan terdapat indikator serangan hama uret, tetapi besaran luas serangan masih relatif kecil atau sedikit, intensintas serangan juga masih dalam kategori ringan. Hama uret merupakan hama khas tanaman padi di lahan kering.

Hama tersebut berada di dalam tanah dan menyerang tanaman melalui akar dan tidak bisa kasat mata, karena keberadaannya di dalam tanah. Sedangkan untuk lahan basah, hama berupa ulat grayak yang saat ini terpantau menyerang tanaman padi di wilayah Kecamatan Ponjong.

“Sudah ada gerakan pemberantasan hama ulat grayak dengan menggunakan pestisida dan selama ini berhasil diantisipasi,” imbuhnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI