ASN Dilarang Swafoto Bersama Caleg

WONOSARI, KRJOGJA.com –  Aparatur Sipil Negara (ASN) diwajibkan netral dalam pelaksanaan pemilu 2019. Bahkan tidak diperbolehkan untuk berfoto dengan calon legislatif. Terlebih jika ada anggota keluarga ASN yang maju caleg harus bisa diantisipasi. 

"Sebagai missal jika ada anak dari ASN maju caleg dan mengadakan pertemuan di rumah. Maka ASN atau orang tua tidak diperkenankan ikut hadir dalam pertemuan tersebut. Karena sudah sesuai dengan peraturan yang ada,” kata  Muhammad Yasin Komisioner Bawaslu DIY di Acara Seminar Netralitas ASN dan Pencegahan Penyakit Kanker di Gedung Serbaguna Siyono, Playen, Rabu (31/10/2018).

Kegiatan dihadiri Sekda Gunungkidul Drajat Ruswandono MSi, Komisioner KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani dan undangan.  Diungkapkan, kewajiban ASN Netral tersebut sesuai dengan  Undang-Undang ASN dan Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2017. Guna meminimalisir pelanggaran, Bawaslu bekerjasama dengan stakeholder terkait. Secara berkelanjutan melakukan imbauan dan sosialisasi berkait dengan netralitas ASN. 

"Terlebih sekarang ini sudah masuk kampanye dan diharapkan ASN tidak ada yang terlibat kegiatan tersebut,” imbuhnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI