ATCS Lengkapi Ruas Jalan di Wonosari

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul memasang peralatan Area Traffic Control System (ATCS) untuk memantau arus lalu-lintas, mengurangi kepadatan dan memantau pelanggaran lalu-lintas di sejumlah titik. Peralatan ATCS tersebut prioritasnya di ruas jalan rawan termasuk pemasangan sejumlah lampu pengatur lalu-lintas (traffic light) dalam kota Wonosari.

Pemasangan ATCS tersebut merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan tahun 2021 lalu. Program tersebut dicetuskan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan. Saat ini sudah ada empat titik traffic light yang menggunakan sistem ATCS.

“Keempat titik tersebut di antaranya tersebar di beberapa persimpangan jalan yakni Simpang empat Gading, Simpang tiga Arah Playen, dan Simpang empat Budegan Wonosari,”kata Seksi Manegemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Gunungkidul, Alvian.

Untuk traffic light yang menggunakan sistem ATCS dilengkapi dengan kamera CCTV yang terhubung langsung di ruang kontrol Dinas Perhubungan Gunungkidul. Nantinya, petugas di ruang kontrol akan melakukan pemantauan berkaitan dengan yang terjadi di titik-titik tersebut.

Adapun titik-titik yang terpasang ATCS memang cukup sibuk, pada ruang kontrol nantinya dapat merekayasa lalu lintas di sekitar traffic light yang sudah memakai sistem ATCS, selain itu dengan sistem tersebut secara mudah dapat melihat tingkat kepadatan lalu lintas.

Menurut Alvian selain berfungsi untuk mengurai kemacetan, sistem tersebut juga akan banyak membantu kepolisian. Apabila memerlukan data terkait rekaman lalu lintas, pihak kepolisian juga dapat mengambil data yang terekam pada ruang kontrol tersebut. ”ATCS juga dapat mengetahui adanya pelanggaran lalu-lintas pengguna jalan,” ujarnya.

Sesuai dengan rencana dan peruntukannya, pemasangan ATCS ini nantinya juga akan ditambahkan audio peringatan di sistem ATCS untuk memperingatkan pengendara yang terpantau di kamera CCTV melakukan pelanggaran lalu lintas. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI