Badingah Minta Warga Waspadai Perubahan Cuaca

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos meminta kepada warga untuk tetap mewaspadai perubahan iklim yang terjadi, pasalnya pada penghujung 2017 ini cuaca alam belum menentu. Selain curah hujan masih tinggi, juga ada beberapa wilayah yang sangat rentan terhadap bencana banjir dan longsor maupun angin ribut.

“Dalam merayakan Natal dan tahun baru tidak perlu hura-hura namun diisi dengan doa bersama sesuai dengan agama dan keyakinannya, agar seluruh mayarakat bisa terbebas dari bencana,” kata Hj Badingah kepada KRjogja.com, Jumat (22/12/2017).

Dikatakan dampak dari bencana yang diakibatkan dari badai cempaka akhir November 2017 lalu mengakibatkan kerugian materi yang mencapai ratusan miliar, baik perumahan, inftrastruktur jalan dan jembatan selain kerugian materi lainnya. Pemkab Gunungkidul berupaya untuk melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi terhadap infrastruktur dengan membangun kembali dengan menggunakan  dana cadangan senilai Rp 9 miliar dan kerjasama dengan Pemda DIY dan pusat. “Mudah-mudahan rehab dan rekon segera selesai meski sampai 2018 mendatang,” tegasnya.

Bupati Badingahjuga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersyukur, karena berkat kerja keras seluruh warga bersama Pemkab Gunungkidul selama 2017 ini berhasil meraih 19 penghargaan tingkat nasional. “Penghargaan ini tentu saja membanggakan semua pihak, namun dari penghargaan ini hendaknya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Penghargaan dimaskud diantaranya  dari majalah PR Indonesia berupa Best Communications kategori pimpinan daerah (bupati), juara I wisata unik terpopuler Goa Jomblang dari kementerian pariwisata, juara II kategori  wisata berselancar terpopuler Pantai Wediombo juga dari kementerian pariwisata. Penghargaan lain berupa kabupaten peduli HAM dari Kementerian Hukum dan HAM.

Penghargaan dari Kementerian Kesehatan berupa Gunungkidul Sehat Swastisaba Wistara. Adapun penghargaan dari Kementerian Pertanian berupa petani kakao berperestasi, kelompok tani kakao terbaik, kelembagaan ekonomi petani tingkat nasional dan inseminator tingkat nasional. Selain itu dari Markplus Inc berupa Bupati Enterpreneur Award 2017 dan juara II lomba penanaman pohon nasional. (Awa)

BERITA REKOMENDASI