Badingah Terima Dua Penghargaan Nasional

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos menerima dua penghargaan nasional berturut-turut masing-masing dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan dari Menteri Hukum dan HAM sebagai kabupaten peduli Hak Asasi Manusia (HAM).

”Kami patut bersyukur, karena kerja keras seluruh elemen masyarakat kini membuahkan hasil,” kata Bupati Gunungkidul Hj Badingah.

Bupati mengakui selama ini upaya untuk menghijaukan lahan kritis sudah diusahakan dengan maksimal dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat. Namun penilaian yang dilakukan hanya dari satelit udara, sehingga tanaman yang kecil tidak sempat terekam, padahal jutaan pohon sudah berhasil ditanam dan menghijaukan lahan.

Upaya lain yang dilakukan bersama instansi terkait, yakni dengan program 'Palakrama Jati' oleh Kantor Kementerian Agama, yakni setiap pasangan yang menikah diwajibkan menanam pohon. Di samping itu bagi bayi yang baru lahir orangtuanya juga wajib menanam pohon. ”Lewat program ini ternyata kesadaran masyarakat untuk menanam pohon meningkat,” ucapnya.

Bupati memiliki komitmen agar masyarakat Gunungkidul tidak meninggalkan air mata, namun mata air, dengan melakukan gerakan menanam pohon, maka lingkungan terutama sumber air akan lebih terjaga. Adapun penghargaan kabupaten peduli HAM diserahkan langsung oleh Menkumham Yasonna Laoly yang disaksikan Presiden Jokowi di Hotel Sunan Solo.

Menyitir sambutan Menkumham, Bupati menyatakan pemerintah terus berkomitmen dalam upaya memajukan dan pemenuhan HAM. Salah satunya pelaksanaan aksi nasional hak asasi manusia pada 2017, di daerah yang saat ini baru mencapai 25,26 persen ditargetkan akhir 2018 bisa mencapai 100 persen.

Bupati menyatakan pemenuhan hak asasi manusia sudah menjadi kebutuhan dan kewajiban terutama pemenuhan hak-hak asasi dasar, meliputi hak untuk hidup, hak memperoleh pendidikan, kesehatan dan hak dasar lainnya, juga hak melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. (Awa)

BERITA REKOMENDASI