Bapas Wonosari Awasi 102 Klien Asimilasi

Editor: Ivan Aditya

WONOSARI, KRJOGJA.com – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Wonosari melakukan pengawasan terhadap klien asimilasi di wilayah Gunungkidul dan Bantul. Upaya ini dilakukan agar klien asimilasi ini dapat kembali di masyarakat dan tidak kembali melakukan pelanggaran. Bahkan kemarin, Senin (20/04/2020), Bapas Wonosari menyerahkan salah satu klien di Kecamatan Ponjong.

“Upaya untuk melakukan pengawasan maupun pembinaan ini dikoordinasikan dengan jajaran kepolisian, pemerintah desa dimana klien dikembalikan dan elemen masyarakat,” kata Kepala Bapas Wonosari Surya Dharma.

Pada upaya kaitan penanggulangan Virus Korona atau Covid 19, Bapas Wonosari melakukan pengawasan terhadap 102 klien asimilasi. Diungkapkan, pengawasan klien asimilasi menjadi cukup penting untuk nantinya warga binaan memperoleh hak-haknya lebih lanjut.

Sejauh ini untuk di wilayah Bapas Wonosari tidak ada yang melakukan pelanggaran. Pengawasan melalui video call maupun komunikasi lain dilakukan secara intensif.

“Namun jika ditemukan pelanggaran akan dikembalikan ke rutan atau tempat pertama sebelum menjalani asimilasi,” ujarnya.

Surya Dharma mengungkapkan, melalui pengawasan dan monitor secara rutin diharapkan klien asimilasi ini dapat kembali ke masyarakat dengan baik. Bahkan untuk memaksimalkan pengawasan ini setiap harinya klien dipantau dan memberikan laporan kepada petugas.

“Harapannya bisa menjalani proses asimilasi ini dengan baik, karena nantinya akan menjadi indikator dalam memperoleh hak integrasi,” jelasnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI