Batu Raksasa Ini Mitosnya Dulu Lumbung Padi

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Batu raksasa setinggi 6 meter dengan lingkar 5 meter ini oleh masyarakat dinamai Watu Lumbung. Batu unik yang terletak di Hutan Sokoliman, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo mitosnya, pada jaman dulu di lokasi tersebut sebagai tempat penyimpanan lumbung padi. Tidak banyak masyarakat yang tahu riwayatnya, karena suatu hal pada zaman itu ada orang saksi yang menyulap lumbung padi menjadi batu.

”Sehingga masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Watu Lumbung,” kata Sukamto warga Pedukuhan Sokoliman, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.

Baca juga :

BPBD DIY Imbau Warga Waspada Siklon Cempaka
Tinggi, Intensitas Hujan di DIY

Tidak ada yang tahu awal mula keberadaan batu tersebut. Sejak pedukuhan Sokoliman ada batu besar tersebut sudah berdiri tegak. Cerita-cerita selanjutnya sebagai cerita turun temurun warga setempat. Meski ada kisah mitos, tetapi tidak ada ritual apapun di kompleks batu ini. Karena letaknya di hutan, ketika musim pertanian batu ini sering digunakan untuk berteduh petani dari sengatan matahari.

Sekarang kadang-kadang digunakan untuk selfi para remaja di sore hari ketika musim kemarau. Batu yang letaknya di antara pedukuhan Sokoliman dan Kedungranti, Kecamatan Nglipar ini tidak jauh dari objek wisata Situs Sokoliman dan Goa Pindul.

Bahkan, jalan sebelahnya menjadi rute offroad Goa Pindul. Seandainya dibangun menjadi taman batu dapat menjadi daya tarik wisata tersendiri. ”Akan melengkapi objek wisata Situs Sokoliman dan Goa Pindul,” tambahnya. (Ewi)

BERITA REKOMENDASI