Bawaslu Gunungkidul Minta Bapaslon Kelik – Yayuk Lengkapi Laporan

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pemilihan Kepala Daearah (Pilkada) Gunungkidul Is Sumarsono SH meminta bakal pasangan calon (bapaslon) perorangan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gunungkidul Kelik Nugroho-Yayuk Kristyawati untuk melengkapi laporan kehilangan sekitar 1.600 berkas surat dukungan (surduk). Bawas sudah melakukan rapat pembahasan atas laporan yang disampaikan Rabu (26/02/2020) lalu.

Pihaknya masih perlu adanya kelengkapan berkas laporan tersebut. Dukumen yang disampaikan baru foto-foto, video dan WA. Bawas perlu tambahan kelengkapan yang dapat dijadikan alat pembahasan lanjutan. Misalnya, bukti pemilikan berkas, apa saja, posisinya di mana dan sebagainya. ”Kami sudah mengundang yang bersangkutan untuk hadir dan membawa berkas,” kata Ketua Bawaslu Pilkada Gunungkidul, Is Sumarsono SH.

Proses penghitungan oleh KPU Kabupaten Gunungkidul Bapaslon Kelik – Yayuk melapor ke Bawaslu mengaku kehilangan berkas dukumen surduk ke Pawaslu. Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul yang tetap melanjutkan penghitungan jumlah surat dukungan (Surduk) yang diserahkan, yang akhirnya tidak memenuhi persyaratan jumlah minimal.

Baca juga :

Hiu Paus Mati Terdampar di Pantai Congot
Persoalan Sampah Merupakan Masalah Kebangsaan

Dukungan minimal harusnya sebanyak 45.443 orang, tetapi untuk Bapaslon Kelik-Yayuk kurang 909 surat dukungan. Sehingga bagi KPU bapaslon Kelik-Yayuk sudah dinyatakan tidak lolos menjadi bapaslon perorangan pilkada Gunungkidul tahun 2020. Berkait dengan laporan ke Bawaslu, Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Gunungkidul Andang Nugroho mempersilakan bapaslon melapor Bawasliu.

Menurutnya, KPU sudah memberikan pelayanan maksimal dalam penyerahan dan penghitungan berkas surduk. ”Seluruh proses penyerahan dan penghitungan surduk dapat dilihat pada CCTV yang ada di KPU, semua dikerjakan secara transparan,” tambahnya.

Sementara KPU Gunungkidul akan melakukan verifikasi adminitrasi (vermin) lanjutan terhadap bapaslon Anton Supriyadi-Suparno. Walaupun sudah diterima, tetapi masih harus divermin lanjutan. (Ewi)

BERITA REKOMENDASI