Bencana Alam Landa 30 Wilayah di Gunungkidul

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Bencana alam melanda 30 titik wilayah di Gunungkidul. Bencana terjadi akibat dampak dari hujan deras selama dua hari di kabupaten ini. Sebanyak 28 rumah rusak tertimpa pohon, banjir di Kecamatan Girisubo dan longsor terjadi di Desa Tegalrejo Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul.

“Ke-30 kejadian terbanyak pohon tumbang menimpa rumah dan jalan, terjadi hampir di seluruh kecamatan ada yakni di Playen, Karangmojo, Purwosari, Girisubo, Tanjungsari, Patuk, Gedangsari, Nglipar, Tepus, Semin dan terbanyak di Kecamatan Playen,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki MSi.

Dari sejumlah kejadian terbanyak terjadi akibat hujan deras pada Selasa (10/03/2020) dini hari saat seluruh warga tengah terlelap. Selain pohon tumbang, intensitas hujan yang cukup deras dengan durasi cukup lama menyebabkan terjadinya bencana longsor di Ngorooro, Kecamatan Patuk dan di Kecamatan Nglipar.

Untuk di Ngoro-oro, hingga menyebabkan akses jalan terputus. Sedangkan, di Nglipar, talut bangunan TK mengalami longsor,juga di Desa Tegalrejo, Gedangsari perbatasan antara Gunungkidul dan Klaten, Jawa Tengah.

“Akibat kejadian kemarin berakibat pada akses jalan terganggu, rumah rusak serta fasilitas umum lainnya juga terkena dampak,” ujarnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI