Bendung Narkoba Masuk Desa, APBDes Perlu Anggarkan Program P4GN

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Wakil Bupati Gunungkidul Dr Drs H Immawan Wahyudi MH meluncurkan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Balai Desa Kepek, Wonosari. Kegiatan ini peluncuran serentak 144 Desa Bersinar se Gunungkidul. Serta menjadi komitmen bagi desa untuk ikut menanggulangi narkoba.

“Jika sebelumnya belum ada yang menganggarkan ke depan APBDes perlu untuk dialokasikan dalam Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Karena aturan sudah ada dalam peraturan bupati,” kata Immawan Wahyudi di Balai Desa Kepek.

Kegiatan dihadiri Ketua DPRD Endah Subekti Kuntariningsih SE, Muspida, Kabid Pencegahan BNN DIY Bambang Wiryawan dan undangan. Peluncuran ini ditandai dengan penyerahan spanduk dan pemukulan gong.
Diungkapkan, pemda sudah berupaya dalam ikut mencegah maupun pemberantasan narkoba. Bahkan sudah terdapat tim dan berkoordinasi dengan stakeholder. Termasuk membentuk satgas anti narkoba di sekolah. “Selain itu melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah untuk kewaspadaan narkoba,” ujarnya.

Ketua Paguyuban Kades se Gunungkidul Bambang Setiawan, Rabu ( mengungkapkan, dipilihnya lokasi Desa Kepek, karena sudah ada dusun yang dijadikan kampung percontohan bebas narkoba sejak 2016. Ke depan tentunya anggaran Desa akan didorong untuk dapat dialokasikan dalam mendukung pencegahan maupun pemberantasan narkoba. “Sebanyak 144 desa se Gunungkidul sudah berkomitmen untuk mendukung pemberantasan narkoba. Menjadi Desa Bersinar dengan berbagai program di masing-masing desa ke depannya,” imbuhnya.(Ded)

BERITA REKOMENDASI