Berikan Kepastian Hukum, Ngalang Kalurahan PTSL

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Sebanyak 458 warga Kalurahan Ngalang, Gedangsari menerima sertifikat tanah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2022 di aula kalurahan, Kamis (30/06/2022). Program ini sebagai untuk memberikan kepastian hukum berupa sertifikat bagi warga yang memiliki tanah. Selain itu juga mewujudkan Ngalang sebagai kalurahan lengkap PTSL.

“Tujuan utama memberikan kepastian hukum, tertiba administrasi pertanahan. Serta menghindari terjadinya sengketa. Selain itu sertifikat ini juga dapat menambah kemakmuran ekonomi masyarakat. Dimana Ngalang ini akan dijadikan kalurahan Lengkap PTSL,” kata Ketua Panitia PTSL 2022 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gunungkidul Kholid G APTnh.

Kegiatan dihadiri Penewu Gedangsari Jarot Hadiatmojo SIP, Kasubag TU BPN Heru Purnama APTnh, Plt Lurah Ngalang Sunata, Jagabaya Suharyanta, TNI, Polri dan warga menerima sertifikat. Juga dilaksanakan penyerahan Sertifikat Tanah PTSL secara simbolis.

Penewu Gedangsari Jarot Hadiatmojo memberikan apresiasi atas program BPN beserta kalurahan Ngalang. Sehingga PTSL dapat berjalan secara lancar.

Sedangkan Plh Lurah Ngalang Sunata di dampingi Jagabaya Suharyanta menuturkan, bersyukur dipercaya BPN sehingga warga kini banyak yang memiliki sertifikat. Bahkan pada tahun 2020 mampu menghasilkan 1.000 sertifikat PTSL, tahun 2021 meningkat menjadi 5.325 sertifikat PTSL. “Tahun 2022 ini sudah diserahkan 458 sertifikat dari target 1.195. Sisanya ditargetkan selesai pada akhir Agustus atau awal Juli,” ucapnya.

Salah satu warga penerima sertifikat Kahono warga Buyutan, Ngalang, Gedangsari mengaku senang adanya program PTSL. Karena memudahkan warga dalam mengurus proses sertifikat tanah. Termasuk biayanya sangat murah. “ Mudah-mudahan program PTSL Ini dapat berlanjut. Karena banyak masyarakat masih berharap agar bisa memperoleh kemudahan dalam mengurus sertifikat tanah,” imbuhnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI