Besok, Obyek Wisata Kalisuci Mulai Ujicoba

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul besok pagi, Senin (22/06/2020) mulai melaksanaka ujicoba dibukanya obyek wisata Kalisuci di Semanu. Sebelumnya juga telah dilaksanakan dimulasi di obyek wisata ini dengan standar prosedur protokol kesehatan. Bahkan untuk jumlah kunjungan pada ujicoba ini maksimal 100 orang per hari atau 50 persen dari kapasitas.

“Pembatasan jumlah kelompok pengunjung di Kalisuci dimaksudkan untuk mengurangi kontak langsung antar kelompok pengunjung,” kata Sekretaris Dispar Gunungkidul Hari Sukmono, Sabtu (20/6/2020).

Diungkapkan, sejumlah ketentuan sudah dilaksanakan pengelola wisata diantaranya menyediakan tempat cuci tangan dan kamar mandi sebagai sarana kebersihan pengunjung. Pengelola menerapkan manajemen peralatan keselamatan agar peralatan tidak digunakan oleh lebih dari satu orang pengunjung setiap harinya. Termasuk menyediakan fasilitas sterilisasi peralatan yang dipergunakan. Juga dilaksanakan penyemprotan disinfektan setiap hari.

“Untuk cave tubing dilakukan secara berkelompok. Tiap kelompok maksimal 10 orang dengan interval waktu antar kelompok 20 menit,” imbuhnya.

Sedangkan untuk persyaratan pengunjung lanjutnya, yakni memberikan identitas secara lengkap. Wajib menggunakan masker dan tidak mengalami gejala Covid-19 seperti sakit kepala, demam, batuk, tenggorokan sakit dan sesak nafas. Pengecekan suhu tubuh juga dibawah 37,3 derajat celcius sebelum memasuki kawasan wisata Kalisuci.

“Protokol kesehatan lainnya pengunjung wajib mentaati ketentuan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga kebersihan. Serta mengurangi menyentuh benda-benda yang berpotensi menjadi media penularan. Pengunjung juga wajib memakai alat yang sudah disediakan oleh pengelola,” ucapnya.(Ded)

BERITA REKOMENDASI