BIN – Dinkes Gunungkidul Luncurkan Vaksinasi Kebangsaan

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dinas kesehatan (Dinkes) Gunungkidul bersama BIN DIY meluncurkan Vaksinasi Kebangsaan Lintas Agama. Perwakilan BIN DIY Eko Susilo, Sabtu (19/03/2022) mengatakan, sejak mencermati adanya tren pelambatan kembali vaksinasi Booster, bersama Dinkes terus melakukan pendekatan kepada semua pihak.

“Termasuk tokoh agama guna mendukung percepatan vaksinasi Booster,” kata Eko Susilo.

Diungkapkan, salah satu penurunan minat ini dikarenakan masyarakat tidak tahu. Serta diantaramya tidak mau vaksin dan sebagian masyarakat yang masih terpengaruh hoak. Bahkan sekelompok lainnya ada juga yang mengaitkan vaksin Booster dengan hukum sunah dalam agama. Boleh vaksin, boleh tidak.

“Dari sini kami keliling mendatangi para tokoh agama dan setelah didiskusikan bersama, semua sepakat menggelar vaksin kebangsaan lintas agama,” ujarnya.

Eko menambahkan, vaksin Booster dibutuhkan semua orang saat daya tahan atau imunitas yang terbangun pasca vaksin primer (Dosis 1 dan 2) sudah mulai menurun. Sementara pada saat yang sama proses mutasi, transmisi, dan migrasi virus Covid masih ada. Bahkan semakin cepat dan tidak bergejala. “Sehingga vaksinasi booster ini penting membangun imunitas tubuh,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Dewi Irawaty menyatakan vaksinasi yang digagas oleh Dinkes dan BIN DIY ini merupakan percepatan pelaksanaan vaksin dosis satu, dua maupun booster. Khusus kegiatan yang diselenggarakan di kantor Dinkes ini disebutnya menggandeng tokoh agama. (Ded)

BERITA REKOMENDASI