BKM Sejahtera Kurangi Kemiskinan

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Sejahtera mengadakan Rapat Warga Tahunan (RWT) di Balai Desa Kepek, Wonosari, Selasa (29/01/2019). Dalam pemaparannya, Koordinator BKM Sejahtera Kepek H Kamijan MA mengungkapkan, modal bergulir untuk kegiatan ekonomi produktif oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) mencapai Rp 1.080.735.300. Program ini ikut mendukung berkembang dan tumbuhnya UMKM di masyarakat. 

“Bahkan program modal bergulir ini mampu mendukung pengurangan angka kemiskinan. Sekarang ini semakin banyak berbagai jenis usaha tumbuh di masyarakat,” kata H Kamijan.

RWT dihadiri Kepala Desa Kepek Bambang Setiawan, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Wonosari Suindartini, LPMD, Bappeda dan undangan. Diungkapkan, program unit pengelola lingkugan  berupa penggunaan dana stimulant semen 860 zak. Serta mampu menyedot swadaya masyarakat hingga Rp 146.988.000. Sasaranya berupa insfrastruktur. Sedangkan unit pengelola sosial memberikan stimulant warga miskin Rp 9.000.000 meliputi non produktif, penyandang masalah sosial hingga pendidikan. Selain itu memberikan alat peraga edukatif 8 SPS/PAUD Rp 9.000.000,  bantuan sosial Rp 3.000.000 dan untuk warga miskin terdampak bencana alam Rp 1.000.000. 

“Aset BKM Sejahtera Kepek sekarang mencapai Rp 1.554.545.926,” jelasnya.

Kades Kepek Bambang Setiawan mengapresiasi kemajuan dari BKM Sejahtera. Karena mampu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Binaan kelompok masyarakat dapat bangkit dan meningkatkan ekonomi. Bahkan binaan yang sebelumnya memperoleh pinjaman modal, kini sudah banyak yang mandiri. Hal ini tentunya memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan warga Kepek.(Ded)

BERITA REKOMENDASI