Buaya Muara Tidak Akan Sampai Gunungkidul

WONOSARI (KR) – Heboh buaya muara berukuran besar dengan panjang 3-5 meter di pantai selatan Purworejo, Jawa Tengah dan Kulonprogo DIY dipastikan tidak akan terjadi di Gunungkidul. Habitat satwa tersebut berada di muara sungan seperti terlihat di Pantai Jatimalang, Purworejo yang merupakan muara Sungai Bogowonto dan Sungai Progo kawasan Pantai Congot, Jangkaran Temon Kulonprogo. 

"Gunungkidul hanya punya satu Sungai Oya, yang bermuara di Kecamatan
Kretek, Bantul dan seluruh pantai merupakan perairan laut," kata Koordinator SAR Linmas Korwil II Marjono, Minggu (25/12).

Dikatakan, warga dan wisatawan Pantai Gunungkidul diminta tidak khawatir. Pasalnya buaya raksasa yang meresahkan itu tidak akan masuk pantai di wilayahnya. Meskipun dari informasi, satwa tersebut terlihat berjalan ke arah timur, namun kemunculan buaya muara kibi sudah tertangani dan dalam pengawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta. 

Bahkan melalui informasi resmi BKSDA Yogyakarta saat ini sudah mengupayakan penangkapan dan pengawasan di area seputaran pantai, sehingga kecil kemungkinan buaya tersebut bisa masuk ke pantai
selatan Gunungkidul. "Tidak perlu takut, yang terpenting wisatawan tetap mematuhi dan mengindahkan larangan yang ada yakni tidak mandi dan berenang di laut," imbuhnya.

Imbauan larangan mandi dan berenang di sepanjang pantai selatan bukannya tanpa alasan. Kondisi gelombang laut dalam keadaan tidak stabil dan dalam beberapa hari terakhir ini cenderung besar. Tingginya gelombang laut sering menimbulkan gelombang laut pasang yang berdampak terhadap terjadinya kerusakan berbagai fasilitas di sepanjang bibir pantai yang mencapai panjang 75 kilometer. (*)

BERITA REKOMENDASI