BUMDes Bangun Kencana Tanggulangi Kekeringan

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Bupati Gunungkidul H Sunaryanta mendatangani kerjasama dengan Ketua STIE YKPN Dr Haryono Subiyakto MSI di Balai Kalurahan Mulo, Wonosari, Senin (29/03/2021). Kerjasama ini berkait pendampingan kepada kalurahan untuk akuntasi dan manajemen.

Bersama diserahkan Dokumen kelembagaan dan Laporan Keuangan Audit Unit Air Bumdes Bangun Kencana Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Banyu Mili Sehat. Dimana pengelolaan air oleh unit BumDes Bangun Kencana telah mampu mengatasi kesulitan air masyarakat atau kekeringan.

“Pemkab mengapresiasi STIE YKPN yang telah mendampingi Kalurahan Mulo dan BUMDes Bangun Kencana berkait dengan manajemen dan akuntasi. Sehingga berjalan dengan lancar dan ikut membantu penyediaan air di masyarakat,” kata H Sunaryanta.

Sebelumnya bupati juga meninjau pembangunan bak penampungan Program HID Pamsimas Hibah Insentif Desa Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat. Lurah Mulo Sugiyarto mengungkapkan, kerjasama dengan STIE YKPN dan dukungan pemkab, pengelolaan keuangan BUMDes unit air sudah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik.

Bahkan KKM Banyu Mili Sehat sudah memiliki SK KemenkumHAM berupa badan hukum perkumpulan. Dalam pengelolaan juga mampu memberikan kontribusi PAD kepada kalurahan Mulo sebesar Rp 100 juta.

Sementara Ketua STIE YKPN Dr Haryono Subiyakto MSI menyatakan dengan adanya penandatangan kerjasama ini tentu ke depan akan siap untuk memberikan pendampingan kepada kalurahan di Gunungkidul. (Ded)

BERITA REKOMENDASI