BUMDes Rejoksari Kelola Sembilan Kegiatan

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Rejosari, Semin kini sudah memiliki sembilan kegiatan usaha. Diantaranya berupa  pengelolaan Spamdes, jasa online, pasar desa, simpan pinjam, persewaan traktor hingga akses ketahanan pangan. Namun demikian perlu untuk ditambah pada program pemberdayaan masyarakat, artinya masyarakat harus didorong mengembangkan poteni yang ada.

“Potensi di masyarakat sudah dipetakan. Harapannya bidang pemberdayaan masyarakat perlu ditingkatkan,” kata Retno Kadarsih Manajer Paluma Gunungkidul disela-sela acara Workshop Analisa BUMDes Desa Rejosari Semin, Selasa (06/02/2018).

Kegiatan dihadiri Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMDP3AKBPMD) Gunungkidul Subiyantoro, Kades Rejosari H Paliyo dan undangan. Diungkapkan, Desa Rejosari melalui BUMDes Mbangun Desa diharapkan bias mengoptimalkan potensi di masyarakat.

Baik pada bidang pertanian, peternakan, kerajinan dan lainnya. Paluma sudah melakukan pemetaan potensi, sehingga melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan dorongan BUMDes dalam pemberdayaan masyarakat.
Kades Rejosari Paliyo menuturkan, selama 2017 BUMDes telah mampu memperoleh pendapatan hingga Rp 67.846.000. Sedangkan asetnya sebanyak Rp 2,6 miliar. Tahun ini tentunya akan lebih meningkatkan kegiatan sehingga menambah pendapatan. Desa Rejosari menjadi lokasi pembangunan Spamdes dari BUMN se Indonesia. (Ded)

BERITA REKOMENDASI