Buntut Klaster Pedagang Ikan, 165 Warga Bejiharjo Ikut Rapid Test Masal

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI KRJogja.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul masih melakukan traking masal penyebaran Covid-19 klaster baru pedagang ikan di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul Kamis (11/06/2020).

Rapid Diagnostic Test (RDT) masal tersebut dilakukan terkait dengan bertambahnya pasien positif Covid-19 dan hasil reaktif terhadap warga yang memiliki riwayat kontak dengan pasien positif kkaster pedagang ikan.

“Karena yang dilakukan rapid test cukup banyak belum bisa kita ketahui jumlah warga reaktifnya,” kata Kadinas Kesehatan Gunungkidul dr Dewi Irawati MKes Kamis (11/06/2020).

Langkah rapid test masal ini dilakukan selain untuk menuntaskan pemeriksaan terhadap warga yang memiliki riwayat kontak, juga sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19) dari klaster pedagang ikan Kecamatan Karangmojo yang saat ini telah menyebar menjadi 7 orang dinyatakan positif. Sejak ditemukannya klaster baru pedagang ikan, penyebaran virus korona generasi tiga tersebut dinkes langsung melakukan traking dan RDT terhadap warga yang memiki riwayat kontak.

Sedangkan kegiatan rapid test masal di Desa Bejiharjo, Karangmojo ini merupakan tahap ketiga. Tahap pertama dilakukan ditemukan 12 warga dinyatakan reaktif dan terdapat 3 orang positif, kemudian dilanjutkan tahap kedua ada 2 pasien dinyatakan positif Covid-19 dan untuk rapid test di Pasar Argosari terdapat 5 orang reaktif (KR-Kamis 11/6).

“Kita akan tetap telusuri terhadap warga yang memiliki riwayat kontak dengan pasien positif sebelumnya,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI