Bupati Gunungkidul Tengah Malam Sidak Sejumlah TPH, Ada Apa?

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJogja.com – Untuk memastikan ketersediaan daging dan aman dikonsumsi, Bupati Gunungkidul H Sunaryanta melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Tempat Pemotongan Hewan (TPH). Bupati melaksanakan pemantauan bersama Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Ir Bambang Wisnubroto tengah malam pukul 00.30 sampai pagi, Jumat (07/05/2021). Serta tim untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan maupun daging usai dilakukan pemotongan.

“Pemantauan ini untuk memastikan secara langsung ketersediaan daging sapi di Gunungkidul serta menjamin sapi yang disembelih dalam keadaan sehat,” kata Bupati Gunungkidul H Sunaryanta.

Pemantauan TPH disejumlah kecamatan meliputi Semanu, Karangmojo, Semin dan Wonosari. Hal ini dilakukan untuk memastikan daging yang beredar di pasaran merupakan benar benar sehat. Diungkapkan, tim dinas yang membawa dokter hewan, langsung melakukan pengecekan. Alhamdulilah kondisi daging sapi dalam keadaan sehat dan aman untuk dijual. Namun demikian, pemantauan ini akan dilakukan berkelanjutan. “ Agar daging yang dijual di pasaran benar-benar aman untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Bambang Wisnubroto di damping Kasi Kesehatan Hewan drh Retno Widiayastuti menuturkan, tidak ditemukan penyakit dalam daging. Dalam pelaksanaan sidak dapat dipastikan semua sapi yang disembelih dalam keadaan sehat.”Pantauan akan terus dilakukan, dan untuk saat ini daging dalam keadaan baik,” imbuhnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI