Bupati Minta Koperasi Andil Sejahterakan Masyarakat

Editor: Agus Sigit

WONOSARI, KRJOGJA.com – Bupati H Sunaryanta meresmikan gedung baru Kantor Pusat Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mitra Parahita di Wonosari Kabupaten Gunungkidul Senin (070/02/2022). Pembangunan gedung baru tersebut sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada anggota dan dilaksanakan berdasarkan hasil Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2019.

“Jumlah anggota KSP Mitra Parahita hingga saat ini terus meningkat dan dalam tahun 2021 tercatat sebanyak 1.889 orang,” kata Ketua KSP Mitra Parahita Drs FX Suyono kepada Bupati H Sunaryanta Senin (07/02/2022).

Sejalan dengan perkembangan koperasi yang berdiri tahun 2004 saat ini sudah memiliki aset sebesar Rp 25 miliar yang saat itu hanya memiliki jumlah anggota sebanyak 80 orang dengan asset usaha mencapai Rp 21 juta. Koperasi yang semula bergabung dengan Credit Union (CU) Sangti tersebut selanjutnya memisahkan diri pada tahun 2012 dan sudah memiliki 2 tempat pelayanan, yakni di Tempat Pelayanan (TP) pusat di Wonosari dan 1 TP di Kelor Kapanewon Karangmojo, Gunungkidul.

Dalam tahun 2018 lalu, koperasi ini dinyatakan sebagai koperasi berprestasi sebagai juara I yang saat ini sudah semakin maju dengan menyesuaikan layanan menggunakan aplikasi dengan Sistem Informasi Credit Union Indonesia (Sicundo). “Dalam meningkatkan kesehahteraan anggota kami memberikan odal usaha dengan menerapkan suku bunga ringan 0,5 persen,” imbuhnya.

Bupati Gunungkidul H Sunaryanta dalam sambutannya menyatakan atas nama pemerintah kabupaten mengapresiasi kemajuan KSI Mitra Parahita yang dari tahun ke tahun mempu meningkatkan pelayanan khususnya dalam upaya mensejahterakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Kemajuan KSP Mitra Parahita yang dari sisi asset awal relatif kecil kini sudah memiliki aset Rp 25 miliar dan hal ini perlu menjadi contoh koperasi lain.

Ditengah kemajuan dan semakin meningkatnya fasilitas pelayanan bupati berharap KSP Mitra Usaha mempertahankan komitmennya untuk mensejahterakan masyarakat dan ambil bagian dalam menggerakkan ekonomi agar roda perekonomian tetap berjalan ditengah masa pandemic Covid-19 yang belum berakhir. Peresmian gedung baru Kantor KSP Mitra Usaha ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Gunungkidul H Sunaryanta. (Bmp)

 

 

BERITA REKOMENDASI