Cegah Narkoba, LPKA Yogyakarta Test Urine

Editor: Agus Sigit

WONOSARI, KRJogja.com – Mengantisipasi peredaran narkoba dan barang terlarang, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Yogyakarta di Baleharjo Wonosari mengadakan tes urine. Kegiatan ini diikuti anak didik pemasyarakatan dan para pegawai LPKA. Selain itu, petugas LPKA bersama tim TNI dan Polri melakukan razia diruang tahanan. “ Program ini sebagai upaya mewujudkan LPKA bersih dari narkoba. Karena menjadi komitmen bersama, bahkan secara rutin dilakukan seminggu sekali. Sedangkan khusus sekarang melibatkan TNI dan Polri,” kata Kepala LPKA Kelas II Yogyakarta Teguh Suroso, Jumat (27/08/2021).

Tim gabungan selanjutnya melakukan pemeriksaan kepada anak didik pemasyarakat. Selain itu memeriksa setiap ruang tahanan dan dilanjutkan dengan tes urine. Jumlah anak didik pemasyarakat sebanyak 25 orang, dua merupakan tahanan. Diungkapkan, pada masa pandemi Covid-19, jika ada tahanan baru wajib untuk negative swab. Selain itu menjalani ruang isolasi selama 14 hari, baru diperbolehkan untuk menempati ruang tahanan. “ Pemeriksaan ruangan dan tes urin sebagai langkah deteksi dini pencegahan barang terlarang,” imbuhnya.

Berdasarkan hasil razia tidak ditemukan barang terlarang, termasuk tes urin semuanya bebas dari narkoba. Dibagian lain Teguh Suroso menambahkan, berkait dengan layanan pendidikan, sudah dilakukan koordinasi dengan pihak terkait. Bahkan baru saja dua anak mendapatkan ijazah dari mengikuti kejar paket dan bakal melanjutkan ke perguruan tinggi. Sistem pendidikan melalui online. (Ded)

 

 

BERITA REKOMENDASI