Dana Desa Rp 41, 427 M Cair Akhir September

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL (KRjogja.com) – Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMKB) Gunungkidul memperkirakan pencairan Dana Desa (DD) dari pusat sebesar Rp 41.427.167.200 pada akhir bulan September ini. Laporan ke Kementerian Desa Tertinggal sudah disampaikan awal bulan ini, besar kemungkinan minggu terakhir pusat sudah mentransfer dana ke daerah.

“Justru masing-masing desa hendaknya melakukan persiapan untuk pencairan tahap II ,” kata Kepala BPMPKB Gunungkidul Sujoko Msi didampingi stafnya Agus Subariyanto SIP, MA, Selasa (20/09/2016).

Bahkan Bupati Gunungkidul sudah melakukan revisi peraturan bupati (perbup) tentang teknis pelaksanaan DD, hal ini dilakukan untuk memperlancar pengerjaan di lapangan. Dalam penggunaan dana desa tahap I, ternyata ada beberapa yang perlu disinkronisasi akibat sering berubahnya Peraturan Pemerintah (PP). Revisi Perbub ini dalam rangka menyelaraskan pedoman teknis akibat perubahnya peraturan dari pusat.

Meskipun demikian desa tetap harus mulai mempersiapkan diri sejak sekarang. Selain waktunya sudah mepet, besar kemungkinan nantinya juga akan bersamaan dengan jatuhnya musim penghujan dan musim tanam sehingga dikhawatirkan kesulitan untuk mendapatkan tenaga kerja. “Jika pekerjaan dana tahap I sebesar Rp 62.140.750.800,-  belum tuntas  akan mengganggu pekerjaan tahap II,” ujarnya.

Kepala BPMPKB Gunungkidul, Sujoko Msi berharap semua desa mengambil pelajaran kekurangan pada penggunaan tahap I, agar pelaksanaannya berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan. Mestinya DD desa tahap II cair pada bulan Agustus, karena banyak desa terlambat menyampaikan laporan.  “Kami optimis desa akan mengerjakan program DD sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” tambahnya. (Ewi)

BERITA REKOMENDASI