Danes Wara, Dalang Cilik Playen, Kuasai Dialog Pakeliran

Editor: KRjogja/Gus

 

WONOSARI KRJOGJA.Com – Penampilan Dalang cilik Danes Wara Satya Swandaru (8) warga Dusun Nogosari I, Bandung, Playen, Gunungkidul dalam lomba pengagungan tingkat kecamatan di balai dusun setempat memukau penonton Selasa (13/8). Disaksikan ratusan penonton dan tim yuri  bocah kelas 2 Sekolah Dasar (SD) tersebut tidak merasa mengalami demam panggung.

Dialog dan dalam memainkan wayang kulit Dari 'sanggit' (memainkan wayang) hingga 'antawecana' (dialog) sesuai dengan karakter tokoh wayang.”Saya sudah terbiasa memainkan wayang sejak masih taman kanak-kanak,” kata Danes Wara Satya Swandaru Selasa (13/08/2019).

Menggeluti sebagai dalang wayang kulit sejak balita, tidak ada yang mengajari dan tidak ada pula yang berkhendak Danes Wara bisa mendalang dan menggeluti profesi itu. Orang tua Danes Wara, Y Harjanto, juga tidak menyangka anaknya  mencintai dunia pewayangan. Begitu menyukai wayang kulit, Danes Wara Satya Swandaru kemudian didaftarkan di Sanggar Pengalasan, Desa Wiladeg Kecamatan Karangmojo dengan harapan bisa memperdalam ilmu dan mengembangkan kecintaannya terhadap wayang kulit.

Ditambahkan pimpinan Sanggar Pengalasan Slamet Haryadi SPd, Danes Wara termasuk siswanya yang rajin dan hingga saat ini sudah puluhan kali mendalang berbagai even. “ Karena masih anak-anak sering kita tampilkan melalui frahmen dengan cerita berganti-ganti disesuaikan dengan tema,” imbuhnya.

Selain mendalang pada even-even tertentu seperti frahmen untuk kegiatan merti dusun dan berbagai perayaan, Dalang Cilik Danes Wara Satya Swandaru juga  pernah diikutkan sebagai peserta lomba dalang cilik mewakili kecamatan. Bahkan pada akhir Agustus mendatang, juga akan mengikuti lomba dalang ana-anak se Kabupaten Gunungkidul yang akan digelar di Alun-Alun Wonosari. Meskipun hingga saat ini banyak aktivitas untuk mendalang, tetapi dia mengaku tidak mengganggu sekolahnya. Karena kegiatan yang dilakukan selalu menggunakan hari libur, termasuk mengikuti kursus mendalang juga dilaksanakan  seminggu sekali pada hari Minggu. (Ded)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI