Desa Pengkok Berlakukan 2 Jam Tanpa Elektronik

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Desa Pengkok, Kecamatan Patuk menggelar deklarasi 2 jam tanpa elektronik. Deklarasi berisi imbauan atau ajakan kepada masyarakat untuk mematikan alat elektronik di antaranya gadget, radio dan televisi mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

“Deklarasi ini merupakan bentuk keprihatinan menurunnya kualitas pendidikan anak-anak di wilayah Patuk yang menduduki peringkat 16 dari 18 kecamatan di Gunungkidul. Dua jam tersebut dibagi satu jam anak-anak untuk belajar agama dan satu jam belajar tentang pengetahuan umum di dampingi orangtua,” kata Kepala Desa Pengkok Sugito.

Pakta deklarasi dimulai sejak 16 Agustus atau malam tirakatan 17 Agustus dan ditandatangani kepala desa Pengkok, kepala sekolah, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Serta dihadiri forum komunikasi pimpinan kecamatan, praktisi pendidikan dan elemen masyarakat.

Diungkapkan Sugito, program ini diharapkan akan mampu untuk meningkatkan kualitas belajar dan akhlak pada anak. Selain itu, bagi warga atau anak-anak yang mengalami kesulitan dalam belajar, pihak pemerintah menyediakan bimbingan belajar. (Ded)

BERITA REKOMENDASI