Dewan Kawal Janji Politik Bupati Gunungkidul

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJogja.com – Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih SE mengungkapkan, usai dilaksanakannya pelantikan dan sertijab bupati dan wakil bupati, dewan akan mengawal janji janji politik. Hal yang sekarang mendesak yakni penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Sehingga isi dari RPJMD harus mencerminkan visi-misi hingga program kerja kepala daerah terpilih sesuai kampanye.

“DPRD akan memastikan, visi misi dan janji kampanye bupati dan wakil bupati dapat terealisasi,” kata Endah Subekti Kuntariningsih dalam keterangan persnya di Rumah Makan Kampung Emas, Plumbungan, Putat, Patuk, Selasa (02/03/2021).

Turut mendampingi Ketua Komisi A DPRD Gunungkidul Eri Agustin dan Ketua Komisi D H Supriyadi. Penyusunan RPJMD ditargetkan pada Agustus 2021 sudah disahkan. Sehingga, lanjutnya, terdapat waktu 6 bulan setelah pelantikan untuk pembahasan. Dalam penyusunan ini perlu diperhatikan yakni peraturan harus sesuai dengan kemampuan daerah. Karena bupati dan wabup merupakan sosok baru8, harus lebih cermat dalam menyusun RPJMD. “ Dalam realisasinya RPJMD berkaitan dengan dana, karena itu keadaan kas keuangan dari perlu menjadi bahan pertimbangan,” imbuhnya.

Endah menambahkan, pelaksanaan ataupun realisasi RPJMD harus memiliki dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Termasuk adanya refokusing anggaran, tentunya harus cermat dan teliti. Karena program-program yang sudah direncanakan, telah dinanti masyarakat. “ Penanganan Covid-19 juga hal yang harus menjadi prioritas. Karena pandemi ini berdampak pada semua bidang. Baik kesehatan, pendidikan dan bidang lainnya,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI