Didukung Coca Cola, Embung Grigak Menjadi Akses Air bagi Pertanian Berkelanjutan Warga Girikarto

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Rampungnya pembangunan Embung Grigak membuat warga Dusun Karang Kalurahan Girikarto Kapanewon Panggang Gunungkidul merasa sangat bahagia. Waduk mini seluas satu hektar itu bentuknya unik. Mirip mangkok raksasa. Lokasinya di lereng bukit karst tepi Laut Selatan DIY.

Mulai dibangun Maret 2020 kemudian diresmikan Mei 2021, embung tersebut mampu menampung air 10 ribu meter kubik atau 10 juta liter. Air tersebut berguna mengairi lahan pertanian warga setempat seluas puluhan hektar. Karena lokasinya yang indah Embung Grigak menarik untuk destinasi wisata.

Suparwito, petani setempat mengakui selama ini warga mengandalkan air hujan untuk bercocok tanam. Karena faktor ini, anak-anak muda kurang tertarik menjadi petani.

Menyampaikan testimoninya pada acara inagurasi Embung Grigak secara online, Selasa (31/8/2021), dia menyampaikan setelah ada embung dirinya tergerak memotivasi rekan-rekannya menekuni pertanian dengan menanam padi, jagung, ketela, cabai dengan sistem tumpangsari. Ada juga buah-buahan seperti kelengkeng, srikaya, alpukat, kelapa kopyor maupun kelapa Thailand.

“Kehadiran embung sangat diperlukan masyarakat. Setelah ada embung ini kemungkinan menarik minat petani muda, mengikuti jejak kami para petani agar bisa menghidupi keluarga dengan baik,” sambung Suratno selaku Dukuh setempat.

BERITA REKOMENDASI