Dinkes Gunungkidul Sisir Vaksinasi Disabilitas ke Rumah

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Ratusan penyandang disabilitas mengikuti vaksin covid-19 di Gedung Olahraga Siyono, Playen. Kegiatan ini kerjasama Dinas Kesehatan, Badan Intelejen Negara (BIN), Dinas Sosial dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul dr Dewi Irawaty, Selasa (31/08/2021) mengungkapkan, sekarang ini dilaksanakan vaksinasi untuk disabilitas. Sebanyak 700 sasaran. “ Namun memang juga ada sebagian masyarakat umum dan pelajar. Vaksin yang dipergunakan jenis sinovac,” kata dr Dewi Irawati.

Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Sosial Asty Wijayanti, Ketua PKK Gunungkidul Hj Diah Purwanti Sunaryanta, Perwakilan BIN DIY Eko Susilo. Diungkapkan, selain melaksanakan di GOR Siyono, petugas juga menyisir disabliitas yang kesulitan datang. Sehingga ke rumah-rumah, baik yang tunanetra, kondisi berat dan sebagainya. “ Pelaksanaan vaksinasi disabilitas ini untuk mendukung percepatan kekebalan kelompok di Gunungkidul. Semua berjalan dengan cukup lancar,” imbuhnya.

Perwakilan BIN DIY Eko Susilo menambahkan, setelah sukses menggedor vaksin pelajar yang pada perkembangannya menginspirasi banyak kalangan untuk melakukan upaya serupa, kini BIN menggandeng berbagai pihak untuk menyasar kelompok lain yang butuh diakselerasi. Vaksin dengan sasaran bervariasi yaitu pelajar, masyarakat umum, dan kelompok masyarakat berkebutuhan khusus atau disabilitas. (Ded)

BERITA REKOMENDASI