Disdikpora Gunungkidul Terapkan E-Rapor

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul pada tahun ajaran 2019 ini berencana menerapkan program baru dalam penerimaan rapor siswa berbasis teknologi atau yang disebut dengan eRapor. Untuk sementara ini beberapa sekolah akan dijadikan uji coba program ini dan ke depan bisa diterapkan untuk semua sekolah.

“Kita akan mulai ujicobakan untuk beberapa sekolah dan kebijakan ini sifatnya belum wajib,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rosyid SPd MM.

Rencana pelaksanaan e-Rapor merupakan program inovasi dinas dalam pemanfaatan teknologi dan informasi yang semakin berkembang dan sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi perkembangan di era teknologi. Namun demikian meski program ini akan diterapkan di tahun 2019 sifatnya masih belum wajib.

Terdapat beberapa SMP yang nantinya akan menerapkan program ini. Sebagai uji coba akan dievaluasi seperti apa di lapangan dan untuk mengetahui kendala maupun dampak yang ditimbulkan.

Program ini tentunya memiliki beberapa manfaat di antaranya lebih efisien dan efektif dalam mengetahui nilai pendidikan, uji kemampuan dan nilai karakter anak didik selama mengenyam pendidikan di sekolah. “Tak perlu khawatir dengan kebocoran nilai masing-masing anak didik, pasalnya program ini bersifat privasi atau pribadi,” imbuhnya.

Khusus menyangkut e-Rapor ini nantinya hanya dari guru, wali murid, dan siswa yang bersangkutan saja yang dapat mengaksesnya dan pada prinsipnya semua program ada keunggulan dan kelemahan masing-masing. Misalnya pengambilan rapor manual ada interaksi dan hubungan yang terjalin antara guru dan wali murid. Ini program belum menyeluruh, jadi bagi sekolah yang ingin manual dalam pengambilan rapor anak juga dipersilakan. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI