Diseminasi UGK, Masyarakat Bangkit dari Covid-19

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Universitas Gunungkidul (UGK) bekerja sama dengan Subbidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul menyelenggarakan webinar dengan tema ‘Bangkit dari Covid 19 menuju masyarakat Gunungkidul yang Tangguh, Produktif dan Berdaya saing.’ Kegiatan dihadiri perwakilan OPD Gunungkidul, LIPI, UNTIDAR, mahasiswa dan unsur masyarakat.

“Program ini wujud komitmen UGK dalam turut serta menjadi bagian dalam pembangunan di Gunungkidul. Serta untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, karya penelitian yang bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat,” kata Rektor UGK Saryana SIP MSi, Sabtu (14/11/2020).

Hasil penelitian dosen UGK diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu referensi dalam pembuatan kebijakan. Penelitian disampaikan Evi Nilawati MSi, Sumarni MPA, Catarina Wahyu DP SE MPd, Drs Agustinus Padmadyana MCRP dan Endang Widayati SP MMA. Kepala Bidang Penelitian Pengembangan dan Pengendalian Bappeda Gunungkiduln Rismiyadi SP MSi mengungkapkan, penelitian memegang peranan penting dalam perencanaan pembangunan suatu daerah serta akan dijadikan acuan dalam perumusan kebijakan pemerintah.

“Penelitian tidak bisa lepas dari budaya literasi atau membaca juga melibatkan pihak lain sebagai sumber untuk mendapatkan informasi. Oleh karena itu diharapkan peneliti dapat bersinengi dengan OPD terkait,” imbuhnya.

Webinar memaparkan Tri Dharma Perguaruan Tinggi yang dilaksanakan UGK, diantaranya video profil UGK, pengabdian masyarakat berupa pendampingan desa wisata di Desa Genjahan dan pemaparan hasil diseminasi penelitian kerja sama UGK beserta Bappeda. (Ded)

BERITA REKOMENDASI