Dishub Gunungkidul Segera Pasang 105 Lampu PJU

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul menargetkan pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) tahun ini mencapai 105 titik instalasi. Jumlah anggaran untuk pengadaan Lampu penerangan jalan umum tersebut sebesar Rp 2 miliar.

”Pengadaan lampu penerangan jalan ini ada dua jenis, tenaga surya dan listrik," kata Kepala Bidang (Kabid) Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Perhubungan Gunungkidul, Elly Siswanto.

Baca juga :

Lelang Lebih Awal, Proyek Fisik Harus Pertimbangkan Hari Efektif
Waspada! 17 Talut di Kota Yogya Dipetakan Rawan Longsor

Untuk penerangan jalan menggunakan tenaga surya sebanyak 89 unit dan sisanya sebanyak 16 unit berupa lampu yang bersumber dari energi listrik. Sedangkan tempat maupun titik yang akan dipasangi LPJU hingga saat ini masih belum kami tentukan, tetapi yang jelas pemasangan akan dilakukan di ruas jalan kabupaten.

Dengan demikian harapannya di titik-titik rawan diharapkan sudah dilengkapi lampu penerangan jalan. Mengingat kondisi jalan umum saat ini sudah semakin ramai.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Gunungkidul, Heri Nugroho SS mengatakan, keberadaan lampu penerangan jalan umum sangat penting karena sebagai bagian dalam memberikan fasilitas kepada masyarakat. Menurutnya jika sarana jalan yang terdukung dengan penerangan jalan akan memperlancar arus lalu-lintas bagi masyarakat serta dapat menekan kecelakaan lalu lintas.

”Pihaknya sangat mendukung untuk program penerangan jalan sehingga jalan yang gelap dan selama ini dikeluhkan warga segera dapat teratasi,” tutupnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI