Dispar Gunungkidul Latih Tata Kelola Homestay

Editor: Agus Sigit

WONOSARI, KRJogja.com – Mendorong berkembangnya usaha di sektor parwisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Pelatihan Tata Kelola Homestay atau Pondok Wisata. Kegiatan dilaksanakan mulai, Senin (15/11/2021) hingga Rabu (17/11/2021) di Hotel Cavinton Yogyakarta diikuti 40 orang pengelola homestay di Gunungkidul.
“Pelatihan ini untuk menambah pengetahuan pengelola homestay. Berkait dengan tata kelola yang baik, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi tamu tanpa meninggalkan kearifan lokal,” kata Kepala Bidang Pemasaran dan Bina Usaha Dispar Gunungkidul Emy Nur Aini SE MBus, Senin (15/11/2021).

Kegiatan dihadiri Sekretaris Dispar Hary Sukmono ST, Kasi Bina Usaha Ekraf Suratmiari SS MIDS Mec Dev dan pengelola homestay. Program ini didukung dari Dana Pelayanan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dana Alokasi Khusus Non Fisik (DAK Non Fisik) Tahun 2021. Serta menghadirkan narasumber berpengalaman di bidang pelayanan, unsur dinas pariwisata dan praktisi homestay. Diungkapkan, perkembangan sektor wisata di Gunungkidul terus mengalami peningkatan, sejalan dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung.

“Masyarakat Gunungkidul memanfaatkan momentum tersebut untuk ikut menggerakan usaha di sektor pariwisata,” imbuhnya.

Emy menambahkan, salah satu usaha yang banyak dilakukan masyarakat Gunungkidul yakni membuka homestay. Usaha ini banyak muncul di sekitar kawasan wisata. Sehingga diperlukan pelatihan untuk dapat memberikan layanan yang terbaik bagi wisatawan. Tentunya melalui pelatihan ini tujuanya menambah pengetahuan pengelola homestay untuk terus meningkatkan layanan. (Ded)

 

BERITA REKOMENDASI