Dongkrak Pendapatan, Terapkan E-Tiketing Retribusi Wisata

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Rencana Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul untuk menerapkan e-tiketing dalam pembayaran retribusi wisata segara akan terwujud. Sekarang ini dalam proses pematangan kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah. MoU akan ditandatangani dalam waktu dekat ini. Setelah itu akan dilanjutkan dengan uji coba terlebih dulu untuk beberapa pos retrubusi yang mempunyai kelengkapan sarana prasarana, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). 

“Untuk kawasan Baron ada 7 Tempat Pemungutan Rertribusi (TPR), dari jumlah tersebut yang dapat  diujicobakan  di pos Baron dan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS)," kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Ir Asti Wijayanti MA, Rabu (18/12/2019).

Sebenarnya dinas  sudah lama merencanakan e-tiketing, selain harus menyusun regulasinya juga perlu melakukan studi, agar  pelaksanaannya lebih efektif  dan efisien. 

Untuk memutuskan penerapan e-tiketing mesti melakukan kajian yang mendalam dan detail. Jika sampai pelaksanaan macet ditengah jalan, karena kurang didukung dengan fasilitas dan sumberdaya manusia yang ada.  

Beberapa waktu ini sudah melakukan komunikasi dengan beberapa pihak, dan kesimpulannya akan melakukan kerja sama dengan BRI Syariah untuk pelaksanaan e-tiketing. 

“Dengan e-tiketing ini diharapkan meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaannya,  dan mampu meningkatkan  pendapatan retribusi wisata secara signifikan,” tambahnya.

Pemberlakuan e-tiketing ini diharapkan dapat menaikkan pendapatan retribusi wisata. Untuk tahun ini besar kemungkinan target sebesar Rp sebesar Rp 27,9 miliar tidak tercapai, karena data sampai tanggal 15 Desember pendapat baru mecapai  Rp 22,05 miliar atau 79 persen. 

Meskipun masih akan ada peningkatan pendapatan wisata pada libur Natal dan tahun baru (Nataru) diprediksi hanya akan bertambah sekitar Rp 2,1 miliar atau sekitar 8 persen. “Secara maksimal dinas sudah melakukan berbagai upaya agar target tercapai, tetapi belum dapat sesuai  dengan rencana,” jelasnya.(Ewi)

BERITA REKOMENDASI