Dua Calon Independen Ramaikan Pilkada Gunungkidul

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Kecuali Partai Nasional Demokrat (NasDem), partai politik yang lain masih melakukan penjajakan untuk membangun koalisi untuk mengusung calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) akan diselenggarakan 23 September 2020. Meskipun belum secara resmi, tetapi dalam pelantikan pengurus kecamatan Partai NasDem sudah menyatakan mengusung Dr Ir H Wahyu Purwanto MSE.

Bahkan, sudah terembus informasi santer di kalangan kader maupun masyarakat, berkoalisi dengan beberapa partai akan berpasangan dengan H Bahron Rosyid SPd MM yang sekarang menjabat Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul. “Untuk Bahron kemungkinan diusung PKS, PKB Demokrat, Golkar atau keempatnya,” kata beberapa sumber.

Baca juga :

Busyro Ungkap Novel Baswedan Pernah Diancam Dibunuh
Pastikan Pasokan Listrik Aman, Wakil Dirut PLN Kunjungi Yogya

Untuk cabup-cawabup yang dari parpol, belum mendapatkan informasi, kata Komisioner KPU Kabupaten Gunungkidul Andang Nugroho. Sementara untuk calon independen yang sudah mengirim surat mandat untuk mendapatkan username dan pasword ada dua pasang. Masing-masing Suroto- Y Sri Rahayu dan Anton Supriyadi-Suparno.

Walaupun, komisioner KPU ini tidak menjelaskan secara detail, pasangan ini sudah sering diperbincangkan sebagian masyarakat. Suroto alamatnya Ngalang, Kecamatan Gedangsari. Sedangkan Anton Supriyadi sekarang anggota DPRD Gunungkidul, Suparno, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sedang memproses pensiun awal.

Sementara masing-masing partai politik masih belum banyak yang menyatakan calon yang akan diusung, PDI Perjuangan yang sudah menjaring beberapa nama calon juga belum memastikan calon yang akan diusung. Selain penetapan calon di tangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, politik masih sangat dinamis.

Kegiatan sosialisasi danais dengan narasumber Kepala Dinas Pendapatan DIY Drs Bambang Wisnu Handoyo, ada yang menengarai partai ini akan mengusung birokrat Pemda DIY tersebut. Walaupun sejumlah pengurus partai tidak memberikan konformasi pasti. “Pencalonan cabup-cawabup masih dinamis,” kata seorang petinggi PDIP Gunungkidul.

Dugaan PDI Perjuangan akan mengusung Bambang Wisnu Handoyo dan belum adanya kepastian majunya Dr Drs H Immawan Wahyudi SH MH, menimbulkan spekulasi sejumlah partai politik untuk membangun poros tengah yang akan mengusung Mayor Sunaryanto. Partai-partai tersebut antara lain, PAN, Gerindra, Partai Golkar dan PKB. Meskipun sejumlah pimpinan partai tidak ada yang memberikan kepastian.

“Komunikasi politik hal biasa, sekarang ini pencalonan masih sangat cair. Saling bertemu antarparpol atau parpol dengan tokoh-tokoh yang dianggap kuat sebagai calon hal yang wajar, tetapi belum ada kesimpulan,” kata Wakil Ketua DPD PAN Gunungkidul Drs H Supriyadi. (Ewi)

BERITA REKOMENDASI