Dukung Konservasi, Elang dan Burung Dilepasliarkan

WONOSARI, KRJOGJA.com – Mendukung upaya pelestarian hewan yang dilindungi Balai Konservasi Sumber Daya Alam   (BKSDA) Yogya dalam rangkaian HUT ke-3, Tara Hotel Yogyakarta melakukan Pelepasliaran Raptor  (Elang), burung, ikan, ular di Stasiun Flora Fauna Taman Hutan Raya  (Tahura) Bunder belum lama ini.

"Elang Ular Bido  yang kita beri nama Tara ini telah menjalani serangkaian pelatihan agar bisa bertahan ketika hidup liar di alam bebas, Hotel Tara turut mendukung upaya konservasi, hewan yang dilindungi " terang Kepala BKSDA Muhammad Wahyudi saat memberikan sambutan. 

Pelepasliaran elang dengan membuka sangkar raksasa menggunakan tali oleh owner Tara Hotel Uresh Chander dan istri didampingi GM Tara Hotel Jiman Budiharja, M Wahyudi,  Direktur Tahura Niken Aryanti. Setelah terbang berputar-putar di dalam sangkar sekitar setengah jam kemudian berhasil keluar ke alam bebas.  "Range terbang burung itu 4-5 km,  selama 14 hari akan terus kita amati," ungkap Wahyudi. 

Acara yang diikuti sekitar 50-an Manajemen dan Staf Tara Hotel, mitra BKSDA Yogya ini dilanjutkan pelepasan ikan wader (barbodes notatus) di sungai,  juga ular sanca. "Selain Elang juga ada burung lainnya total 18 burung dan 108 ikan.  Angka yang baik, jumlah ada 9," ucap Uresh. (M-3)

BERITA REKOMENDASI