Emat Paslon Dipastikan Ikuti Pilkada Gunungkidul

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul akhirnya menetapkan empat pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati yang akan bertarung di Pilkada Gunungkidul 2020. Empat paslon tersebut meliputi Bambang Wisnu Handoyo – Benyamin Sudarmadi, H Sunaryanto – Heri Susanto, Immawan Wahyudi – Martanty Soenar Dewi dan Prof Sutrisna Wibawa – Mahmud Ardi Widanto.

“Empat paslon dipastikan akan mengikuti Pilkada Gunungkidul. Selanjutnya KPU akan melakukan pengundian nomor urut dan mempersiapkan untuk tahapan kampanye,” kata Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani usai pleno penetapan dan penyerahan hasil kepada tim masing-masing paslon, Rabu (23/09/2020).

Pengundian nomor urut paslon pilkada Gunungkidul dijadwalkan KPU, Kamis (24/09/2020) di Bangsal Sewakapraja, Wonosari. Ahmadi mengungkapkan, selain dilaksanakan pengundian nomor urut, dilanjutkan dengan deklarasi kampanye damai. Termasuk diselenggarakan talkshow melibatkan ketua tim pemenangan masing-masing paslon dan melibatkan instansi terkait.

“Talkshow ini akan menjadi komitmen bagi seluruh tim sukses untuk menjaga keamanan, kesehatan dan kedamaian. Pelaksanaan pangundian nomor urut dilakukan dengan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Berkait dengan adanya incumbent yakni Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi yang ikut maju, KPU mewajibkan calon ini untuk cuti sebelum memasuki masa kampanye. Sedangkan untuk yang berstatus PNS, TNI maksimal 5 hari setelah penetapan sudah harus menyerahkan surat pengunduran diri.

“Tim paslon ini juga diwajibkan untuk membuka nomer rekening. Sebagai audit untuk nantinya penerimaan dan penggunaan dana kampanye,” jelasnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI