Fenomena Air Menyembur dari Lahan Tandus Jadi Tontonan Warga

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.com – Fenomena alam air menyembur dari dalam tanah terjadi di kawasan lahan tandus Dusun Widoro Lor, Desa Bendung, Kecamatan Semin, Gunungkidul. Kejadian ini menjadi pusat perhatian warga hingga viral di media sosial Rabu (21/08/2019). 

Uniknya, air yang menyembur kuat dari dalam tanah ini berwarna jernih dan muncul dari dalam bumi dengan debit cukup besar dan tanpa bantuan mesin pompa. Pascakejadian ini lokasi kejadian banyak dikunjungi orang untuk melihat fenomena alam yang sebelumnya tidak pernah terjadi.

Bahkan untuk mendapatkan sumber air, warga harus melakukan pengeboran antara 80-100 meter. Hingga Rabu (21/08/2019), air yang muncul ke permukaan dengan debit air cukup besar itu masih menjadi tontonan warga. Pasalnya di sekitar lokasi tidak ditemukan adanya sumur, tanah-tanah persawahan tadah hujan pun sudah mulai merekah. 

Baca juga:
Heboh! Di Semin, Air Menyembur Kuat dari Lahan Tandus

Sereem…Jadi Siapa yang Tidur Bersamaku Semalam?

Karena sebagian warga di lokasi tersebut juga tengah dilanda kurang air, maka banyak warga  yang datang dengan  membawa jerigen guna menampung air dari semburan sumur bor tersebut. “Kita berharap semburan air ini bisa berlangsung terus dan dapat dimanfaatkan  petani disekitar  untuk mgairi  ladang pertanian,” kata Suryadi pemilik lahan sekaligus yang pertama melakukan usaha pengeboran Rabu (21/08/2019).

Ditambahkan Suryadi, sebelumnya ia berniat untuk membuat sumur bor dengan harapan bisa untuk mencukupi kebutuhan air bagi keluarganya danuntuk kepentingan menyirami tanaman manakala mengalami kekeringan. Sedangkan beaya untuk membuat sumur bor ini sebesar Rp 6 juta melalui seorang penyedia jasa pembuatan sumur bor. Dia sendiri juga tidak menduga jika pada kedalaman 60 meter air justru keluar dengan debit cukup kuat. Harapannya dengan keberadaan air dari dalam tanah ini bisa membawa kemakmuran warga setempat. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI