FKUB Gunungkidul Raih Penghargaan Nasional

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Gunungkidul mendapatkan penghargaan sebagai Terbaik Tingkat Nasional. Harmoni Award tersebut disampaikan ketuanya dalam audiensi dengan Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos di ruang rapat bupati, Senin (21/01/2018).

Bupati dalam kesempatan tersebut didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asek I) Drs H Sudodo MM, Kepala Badan Kesbangpol Drs Wahyu Nugroho Msi, Kabag Adminitsrasi Kesra Drs Azis Saleh MSi dan sejumlah pejabat lainnya. Hadir dari FKUB sebanyak 17 pengurus, antara lain ketua H Iskanto AR SAg, Sumarno, Pdt Krisiono Riyadi dan 15 anggota lainnya.

Iskanto AR SAg mengatakan, penilaian sebagai forum terbaik lewat berbagai media dan petugas Kemenag melakuan survei dan mengecek realitas di lapangan. Sehubungan dengan predikat terbaik itu bakal menjadi sasaran studi dari berbagai daerah. Untuk mengantisipasi banyaknya tamu yang datang, dia berharap pemerintah memberikan kantor untuk kegiatan FKUB.

“Kalau ada tamu datang dapat langsung menuju kantor. Sebagai FKUB yang baik tentu mempunyai kantor dan administarsi lainnya,” tambahnya.

Selain perlunya ada kantor, ada beberapa usulan, antara lain, disampaikan Sumarno, pengurus FKUB yang lain, perlunya kemudahan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) berupa surat keputusan atau rekomendasi untuk pembangunan rumah ibadah yang tergusur karena lokasinya terkena jalur jalan lintas selatan (JJLS). Penting terbentuknya FKUB di tingkat kecamatan dan desa sesuai dengan peraturan 2 menteri tugas bupati/walikota dalam pembangunan rumah ibadah, dalam menjaga kerukunan umat beragama dapat dilimpahkan ke camat dan dilimpahkan kepada kades.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Gunungkidul Drs Wahyu Nugro MSi mengatakan, untuk IMB tempat ibadah yang tergusur JJLS akan dibahas pada Februari. (Ewi)

BERITA REKOMENDASI