Gunungkidul Dikepung Banjir Dan Longsor, Ratusan Warga Diungsikan

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.Com – Bencana longsor dan banjir mengepung Kecamatan Gedangsari dan sepanjang bantaran sungai Oya, Kabupaten Gunungkidul Kamis (07/03/2019) dinihari tadi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat ratusan Kepala Keluarga (KK) diungsikan akibat rumahnya hancur akibat longsor dan terdampak banjir.

"Ada empat Kecamatan yang mengalami bencana longsor dan banjir akibat hujan deras tersebut, yakni Kecamatan Semin, Nglipar, Ngawen dan Gedangsari," kata Kepala BPBD Gunungkidul Edy Basuki MSi  Kamis (07/03/2019).

Data sementara berdasarkan laporan masyarakat untuk  banjir terjadi di sepanjang bantaran sungai Oya. Meliputi 40 KK  dan 1  SMPN di Kecamatan Nglipar diantaranya di Desa Katongan, Kecamatan Semin, Dusun Duwet 4 KK,Gobeh 2 KK, Dusun Kaliwaru,Watusigar, Ngawen 6 KK dan di Dusun Ngimbang,Watusigar, Ngawen 6 KK."Rumah warga tersebut tergenang banjir luapan sungai Oya," imbuhnya.

Sementara bencana longsor menimpa puluhan KK di Kecamatan Gedangsari dan Desa Natah Kecamatan Nglipar. Data sementara  longsor di Desa Natah 5 KK,Gupit,Tegalrejo 5 KK, ketelo Tegalrejo 4 KK.Data tersebut bersifat sementara karena hingga pagi ini hujan masih terus terjadi."Kami berharap masyarakat yang bermukim di wilayah rawan bencana meningkatkan kewaspadaan. Karena pada puncsk penghujan ini ditandai dengan intensitas hujan tinggi berpotensi menimbulkan bencana," pinta Edi Basuki MSi.

Dari pantauan lapangan, hingga saat ini petugas masih mengevakuasi warga yang  terdampak  banjir dan longsor di Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari.Luapan air sungai yang ada di Desa Hargomulyo mengakibatkan akses jalan tertutup oleh genangan air. Sehingga kondisi jalan mengancam keselamatan pengendara.

“Kami telah menerjunkan petugas TRC dilokasi kejadian dan baru dalam tahap evakuasi. Dari informasi BMKG uaca buruk diprediksi akan terjadi 2-3 hari ke depan," tutupnya.(Bmp)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI