Gunungkidul Sambut Nataru, Dibangun 4 Pos Pelayanan

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dinas Pariwisata Gunungkidul memastika seluruh obyek wisata siap untuk menyambut liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Guna mendukung upaya menekan pandemic covid-19, wisatawan dan pengelola harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

“Pemda Gunungkidul mencatat kunjungan wisatawan pada bulan November dan Desember ini, terutama pada saat weekend mengalami lonjakan signifikan. Dispar memprediksikan lonjakan wisatawan juga akan terjadi pada saat liburan Nataru,” kata Sekretaris Dispar Gunungkidul Hari Sukmono, Kamis (23/12/2021).

Dispar mengimbau wisatawan harus tetap waspada berkait dengan kasus covid-19. Diungkapkan untuk mengendalikan dan mengatur kunjungan wisatawan telah dibuat aturan yakni tidak ada penyekatan, pendirian 4 pos pelayanan di Hargodumilah Patuk, Bundaran Siyono, Pantai Baron dan Pantai Pulangsawal (Indrayanti) ditambah pos Skreening yang sudah berjalan di Rest Area Bunder dan Terminal Semin.

“Untuk pengamanan melibatkan personil dari Polres, Kodim, Dinas Perhubungan, SatPol PP, Dinas Pariwista, Dinas Kesehatan, Linmas dan Kelompok masyarakat berjumlah sekitar 500 orang. Selain itu juga optimasliasi aplikasi peduli lindungi dan visiting Yogya untuk reservasi online dan masuk ke destiansi wisata maupun usaha jasa pariwisata lainnya,” imbuhnya.

Kabid Pengembangan Destinasi Dispar Gunungkidul Supriyanto menambahkan, semua bentuk kegiatan atau perayaan juga dilarang. Kecuali untuk ibadah dengan jumlah terbatas sesuai dengan instruksi Mendagri. Semua Perangkat Daerah maupun instansi vertikal siap mendukung dan memberikan pelayanan masyarakat pada perayaan Nataru.

“Serta memperkuat peran satgas penanganan Covid-19 di semua tingkat mulai dari kabupaten hingga RT serta petugas di destinasi wisata,” jelasnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI