Gunungkidul Segera Miliki Sentra Peternakan Ayam Terpadu

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Banyaknya peternakan rakyat di lokasi strategis, terutama pada jalur maupun daerah wisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul mencoba mencari solusi dengan membangun sentra peternakan ayam terpadu.

Pemerintah sudah melakukan pembahasan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk membuat peternakan tersebut agar tidak menimbulkan polusi udara di berbagai tempat. “DPRD sudah menyetujui, untuk tahap awal akan dicarikan areal seluas 15 hektare untuk pembuatan peternakan rakyat itu,” kata Sekretaris Dearah (Sekda) Gunungkidul Ir Drajad Ruswandono MT.

Hal senada juga diungkapkan anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Gunungkidul Drs H Supriyadi, pihaknya mendukung penuh usaha pemerintah dalam rangka meningkatkan program kenyamanan pariwisata, yang juga diikuti pengembangan peternakan rakyat secara terpadu, dengan melengkapi fasilitas kesehatan ternak. Karena di pusat peternakan tersebut akan didirikan pusat kesehatan hewan, pengembangan dan fasilitasi pasar dan sebagainya.

“Jadi peternakan ayam terpadu ini tidak hanya mengamankan lingkungan dari polusi, tetapi peternak akan diuntungkan dengan pemeliharaan kesehatan ternaknya, pemasaran produksi dan sebagainya,” tambahnya.

Hanya sampai sekarang masih mencari lokasi yang tepat untuk membangun peternakan rakyat tersebut. Pemilihan lokasi perlu dilakukan secara cermat agar tidak menimbulkan masalah lingkungan, tercukupi ketersediaan air, akses keluar masuk juga harus diperhitungkan. Sehingga lokasi peternakan terpadu benarbenar cocok untuk pengembangan peternakan dan juga tidak mengganggu lingkungan hidup.

Walaupun belum menentukan tempat, besar kemungkinan lokasinya ada di wilayah tengah atau utara. Karena peternakan memerlukan air yang cukup. “Tetapi hingga sekarang masih terus mencari tempat yang tepat, karena tahap pertama butuh 15 hektare dan besar kemungkinan diperluas lagi,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, sekarang banyak warga Gunungkidul membangun peternakan ayam di berbagai tempat. Pembuatan kandang-kandang ayam ini belum terkoordinasi secara baik, sehingga ada yang berdekatan dengan pemukiman, jalan raya dan sebagainya. Sehingga sebagian di antaranya menimbulkan polusi udara, banyak lalat beterbangan sehingga bisa mengganggu kesehatan.

Bahkan beberapa kandang ayam yang sudah tidak digunakan tetap mengganggu keindahan lingkungan. Mestinya jika sudah tidak dimanfaatkan segera dibongkar dan ditanami pepohonan yang indah. (Ewi)

BERITA REKOMENDASI