Gunungkidul Siap Laksanakan SPBE Tahun 2020

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Kabupaten Gunungkidul siap untuk melaksanakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sebagai upaya memajukan daerah dalam bidang teknologi serta efisiensi anggaran mulai tahun 2020 mendatang. Hal ini dilakukan sebagai persiapan Revolusi Industri 4.0 yang saat ini tengah dilakukan.

“Sistem pemerintahan berbasis elektronik ini yakni mempercepat penerapan aplikasi umum. Sehingga nantinya segala aktivitas kegiatan tingkat kinerja dapat terhubung dengan pemerintah pusat,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Gunungkidul Kelik Yuniyanto.

Menurutnya, penerapan skema tersebut akan membuat jalannya pemerintahan dapat lebih efisien, akuntabel, efektif, dan transparan. Di sisi lain juga dapat meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat pada umumnya. Kemudian juga dapat menekan terjadinya tindak penyimpangan baik korupsi atau hal lain yang dapat merugikan masyarakat.

Meskipun belum ada koordinasi lanjutan mengenai program tersebut, untuk Kabupaten Gunungkidul telah siap menjalankan SPBE. Infrastruktur, sarana lain dan sumber daya manusia telah dipersiapkan sejak sekarang.

Segala sistem informasi sejak dini dioptimalkan di seluruh OPD. Pihaknya yakin jika nantinya penerapan sistem ini diberlakukan akan mampu mengubah pola kinerja dan pelayanan pada masyarakat. “Semua sekarang wajib mengaktifkan web masing-masing,” imbuhnya.

Kelik mengatakan, sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik merupakan fondasi yang kokoh dalam menuju kawasan smart city. Terlebih Pemkab Gunungkidul tengah menuju ke program tersebut sehingga alur program ini tentunya dapat berkesinambungan.

Dia berharap masyarakat dan para pegawai untuk dapat mengetahui teknologi, sehingga di era elektronik ini tidak ada lagi ketertinggalan. “Integrasi dalam pelayanan yang berkesinambungan harus siap dalam penerapannya, maka dari itu persiapan dini harus dilakukan,” tutupnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI