Gunungkidul Siap Sanksi Warga Tak Kenakan Masker

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melakukan antisipasi penyebaran Virus Covid -19 dengan melakukan sosialisasi tentang Peraturan Bupati Nomor 68 Tahun 2020 yang mengatur tentang penerapan protokol kesehatan dan wajib mengenakan masker bagi masyarakat Jumat (11/09/2020). Dalam perbup tersebut juga mengatur tentang sanksi tegas bagi masyarakat yang melakukan pelanggaran perbub.

“Sosiakisasi kami lakukan dengan melibatkan aparat penegaj hukum,” kata Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah Satpol PP Gunungkidul, Sugito kepada KRJOGJA.com, Jumat (11/09/2020) kemarin.

Pusat konsentrasi masyarakat dan fasilitas umum yang dimungkinkan padat oleh aktivitas warga bakal menjadi sasaran target operasi ini. Mereka yang kedapatan tidak menggunakan masker ataupun tidak mematuhi aturan protokol kesehatan akan diberikan tindakan tegas dan tentunya dengan penerapan sanksi bagi para pelanggarnya.“Nanti akan ditindak sesuai Peraturan Bupati nomor 68 tahun 2020 yang telah disepakati dan disahkan,” imbuhnya.

Berbeda dengan sanksi yang diterapkan oleh daerah lain, untuk Kabupaten Gunungkidul masih menerapkan upaya preventif dan edukatif. Sanksi yang diberikan kepada warga yang tidak bm mengenakan masker yakni berupa teguran.

Namun begitu diharapkan nantinya ada efek jera dan menyadari pentingnya melaksanakan protokol kesehatan dalam upaya mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 tersebut. Sedangkan kebijakan yang dilakukan pemkan ini juga telah disesuaikan dengan kondisi daerah.

“Kalau untuk denda sanksi tidak memang tidak ada. “Kita hanya terapkan teguran dan larangan untuk memasuki lokasi yang ada kegiatan masyarakatnya padat,”ucapnya.

Terpisah Wakapolres Gunungkidul, Kompol Joko Hamitoyo menambahkan, imbauan penggunaan masker akan terus dilakukan kepada masyarakat. Tidak dipungkiri, sekarang ini masih banyak orang yang abai dan tidak mengenakan masker saat beraktifitas atau bepergian.

Saat ini pemerintah dan aparat penegak hukum maupun instansi lainnya juga mulai gencar lagi dalam membagikan masker gratis. “Kami berharap tingkat kepatuhan masyarakat untuk mengenakan masker tinggi di Gunungkidul,” pungkasnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI