Gunungkidul Tuan Rumah Sirkuit Nasional Bola Voli Pantai Seri I

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) akan menyelengarakan Sirkuit Nasional Bola Voli Pantai Seri I. Kegiatan ini akan gelar di Pantai Sepanjang Kalurahan Kemadang Kapanewon Tanjungsari, pada tanggal 22 Juni 2022 hingga 26 Juni 2022 mendatang.

Tournament Direktor, Danang Agus Yuniarto menjelaskan PP PBVSI menunjuk DIY khususnya Gunungkidul sebagai penyelenggara Sirkuit Nasional Voli Pantai seri pertama karena ada beberapa aspek. Salah satunya DIY pernah sukses menyelenggarakan even serupa di tingkat International yaitu Asia Pasifik Hits Volly Ball tahun 2015.

“SDM Yogyakarta juga selalu konsen terhadap voli pantai. Setelah di DIY akan di laksanakan seri kedua di Pacitan Jawa Timur kemudian seri ketiga di Denpasar Bali lalu seri ke empat rencakan di laksanakan di Ancol Jakarta,” katanya di Gunungkidul.

Sampai tanggal 15 Juni peserta yang masuk ada 38 tim putra dan 20 tim putri. Bahkan kategori ini tidak hanya voli pantai yang 2 x 2 tapi kita membuka pertandingan dengan nomer baru yakni fourset atau 4 x 4.

“Ini sebuah jembatan pembuka yg di lakukan PP PBVI bagi daerah-daerah untuk memberikan nomer pertandingan yang rencananya akan dimasukkan dalam PON Aceh – Sumut 2024,” imbuhnya.

Dengan diselengarakannya sikuit nasional bola voli pantai ini, diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk bermain bola voli pantai. Selain itu yang tak kalah pentingnya yakni kesempatan ini juga menjadi salah satu media promosi potensi pariwisata Kabupaten Gunungkidul.

“Penyelenggaraan sirkuit nasional bola voli pantai di Kabupaten Gunungkidul ini juga akan dapat menimbulkan multiplier effect, yaitu peningkatan kunjungan pariwisata, pemberdayaan masyarakat, serta peningkatan pendapatan UMKM,” pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI