Gunungkidul Tumbuhkan Ekonomi Kerakyatan hingga Pariwisata

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Memulihkan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memiliki tiga program prioritas. Mulai dari menumbuhkan ekonomi kerakyatan, pengembangan sektor pariwisata hingga masuknya investasi.

Melalui program ekonomi kerakyatan diantaranya pengambangan usaha mikro kecil menengah, pertanian, peternakan dan lain sebagainya. Harapannya geliat ekonomi masyarakat akan semakin meningkat.

“Visi misi mendorong tumbuhnya ekonomi kerakyatan hingga perkemban gan kawasan sektor wisata,” kata Bupati Gunungkidul H Sunaryanta saat menerima audiensi Direksi PT BP Kedaulatan Rakyat di Pemkab Gunungkidul, Senin (06/12/2021).

Silaturahmi dipimpin Komisaris Utama Prof DR. Inajati Adrisijanti bersama Direktur Utama M Wirmon Samawi SE MIB, Direktur Keuangan Imam Satriyadi SH, Direktur Produksi Baskoro Jati Prabowo SSos, Direktur Pemasaran Fajar Kusumawardhani SE, Direktur Umum Yuriya Nugroho Samawi SE MM MSc, Pemred KR Drs Octo Lampito MPd, Pemred Merapi Drs Swasto, Kabag Iklan Agung Susilo dan Kabag Promosi Trimurti Widayatno.

Bupati mengungkapkan, selain itu juga pengembangan kawasan pariwisata dan investasi. Bahkan sejak level dua sebanyak 27 destinasi wisata di Gunungkidul sudah dibuka. Bahkan kunjungan wisatawan sudah terjadi peningkatkan. Terlebih pada hari Sabtu Minggu terjadi kepadatan.

“Berkait dengan rencana penerapan level 3, Gunungkidul pariwisata tetap dibuka. Mengacu pada peraturan pemerintah pusat maupun Gubernur DIY,” imbuhnya.

Dijelaskan, akhir tahun merupakan momentum bagi masyarakat dan pelaku wisata dalam meningkatkan pendapatan. Sehingga nantinya juga akan diberlakukan genap ganjil, penerapan prokes secarta ketat, sehingga tidak terjadi penumpukan. Artinya aturan yang berkait dengan kapasitas kunjungan akan disesuaikan dengan aturan yang ada.

“Berkait dengan investasi sudah adanya sejumlah investor yang akan menanamkan modal di Gunungkidul. Banyak sebagian besar dalam pendukung sektor pariwisata seperti hotel di kawasan selatan Gunungkidul. Tumbuhnya pariwisata , investasi akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Capaian vaksinasi, lanjut bupati, Gunungkidul dosis pertama sudah mencapai 82 persen, sedangkan dosis kedua 71 persen. Termasuk lansia sudah diatas 60 persen. Upaya vaksinasi terus dilakukan akan nantinya dapat mempercepat capaian target, Pemkab Gunungkidul menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari Kedaulatan Rakyat.

BERITA REKOMENDASI