Gununungkidul Targetkan PAD Pariwisata Naik 2 Kali Lipat

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemkab Gunungkidul menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata tahun anggaran 2022 sebesar Rp 27 miliar. Jumlah ini mengalami kenaikan dua kali lipat dari target sebelumnya pada tahun 2021. Pertimbangan mensikkan target PAD tersebut karena dipandang situasi pandemi Covid-19 sudah kian membaik dan tingkat kunjungan berangsur normal.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohammad Arif Aldian, menyatakan, melalui perhitungan yang dilakukan, pihaknya telah menentukan target PAD sektor pariwisata naik dibanding tahun lalu.“Tahun ini targetnya dua kali lipat. Kita berharap pandemi ini segera membaik atau hilang sehingga pariwisata dapat normal kembali,” katanya, Senin (10/1/2022) malam.

Sektor pariwisata di Gunungkidul selama pandemi bergantung pada dinamika kasus Covid-19. Ketika terjadi penularan yang meluas, sektor pariwisata dapat ditutup untuk sementara pada tahun 2021 lalu. Namun pihaknya berharap agar keadaan terus membaik sehingga sektor pariwisata dapat lebih berkembang dan normal kembali.

Pihaknya juga mendorong agar pelaku wisata di masing-masing daerah tujuan wosata semakin memahami CHSE dan juga pelayanan yang lebih diperbaiki. Pihaknya kini juga tengah menyiapkan agar desa wisata di Gunungkidul dapat berprestasi seperti Desa Wisata Nglanggeran. Terkait dengan dukungan pendanaan terhadap desa wisata yang akan berkembang, nantinya dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak.

“Harapannya ada kolaborasi baik dari desa itu sendiri atau dari Pemda. Ada banyak sumber yang bisa kita manfaatkan,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI