Guru-Guru Gunungkidul Bentuk Sanggar Sastra Jawa

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI KRJOGJA.com – Guru-guru di Kabupaten Gunungkidul dari lintas jenjang TK-SMA dan lintas bidang studi, membentuk Sanggar Sastra Jawa yang diberi nama Paguyuban Remen Sastra Jawa (Presaja) dan akan menerbitkan majalah sastra Jawa Gumregah dua kali dalam satu tahun. Penjelasan ini disampaikan oleh Ketua I Presaja Drs Wijana MPd, Kamis (11/6/20).

Wijana adalah guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Semanu Gunungkidul yang juga Sekretaris MGMP Bahasa Indonesia DIY. Berawal dari perbincangan Wijana dengan guru Bahasa Jawa SMPN 3 Semanu Rita Nuryanti SPd terkait pelestarian dan pengembangan Bahasa Jawa.

“Tahap awal kami membuat grup WA sebagai sarana komunikasi,” kata Wijana. Anggota grup WA ada 34 orang. Menurutnya akan mengadakan pertemuan belum bisa karena pandemi Covid-19.

Tetapi kemudian, diputuskan mengadakan pertemuan tim kecil dengan mematuhi protokol kesehatan pandemi Covid-19. Pertemuan tim kecil terdiri dari tujuh orang berlangsung di Balai Kompleks Pasar Digital Telaga Jonge Semanu, Selasa (9/6/20).

Dalam pertemuan itu, Wijana terpilih sebagai Ketua I. Ketua II : Rita Nuryanti. Sekretaris : Bambang Susila. Bendahara : Puji Hariningsih. Humas Sulistyarini. Pembina: Rini Astuti dan Eni Setyawati.

Pada pertemuan itu sepakat akan menerbitkan majalah Bahasa Jawa “Gumregah” yang rencana terbit perdana Desember 2020. Majalah tersebut untuk menampung geliat bahasa dan sastra Jawa para pegiat sastra di Gunungkidul yang pembiayaannya swadaya. Alamat sekretariat Jalan Semanu-Giri Panggung KM 1 Semanu Selatan RT 07 RW 42 Semanu Gunungkidul. (War)

 

BERITA REKOMENDASI